DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KAB MAGELANG GELAR PELATIHAN JURNALISTIK AT SCHOOL PDF Print E-mail
Written by Dinas Komunikasi dan Informatika   
Tuesday, 24 February 2015 08:04
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Magelang, melalui Radio Gemilang FM mengadakan program Jurnalistic at School. Program ini diadakan dalam rangkaian Program Diseminasi Informasi Melalui Media Radio, dan bertujuan untuk mengenalkan dunia jurnalistik media cetak dan radio pada siswa SMA atau sederajat.
Last Updated on Tuesday, 24 February 2015 08:56
Selengkapnya...
 
4 SD SEGERA TERPASANG LISTRIK. PDF Print E-mail
Written by Bag Humas dan Protokol   
Monday, 19 January 2015 13:38
Kota Mungkid, 17/1/2015. Empat sekolah Dasar Negeri di wilayah Kabupaten Magelang yang selama ini belum terpasang listrik  akibat jauh dari jaringan akan segera memiliki aliran listrik. Hal ini disampaiakan  oleh  Sekertaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga, Kabupaten Magelang Drs.Mushowir, MA.di ruang kerjanya.

Menurut Mushowir, Bupati Magelang Zanal Arifin SIP, telah meminta jajaranya untuk segera mengkoordinasikan dengan PLN Cabang Magelang untuk secepatnya melakukan penyambungan jaringan listrik kepada 4 sekolah yang belum teraliri listrik.

“ kami telah berkoordinasi dengan PLN Cabang Magelang, untuk segera melakukan penyambungan listrik di keempat sekolah Dasar tersebut dan prinsipnya tidak ada masalah  akan segera dilakukan penyambungan” jelas Mushowir.

Ke empat Sekolah Dasar Negeri yang belum teraliri listrik antara lain SDN Kalinegoro I Mertoyudan (134 siswa),SDN Klopo 2 Tegalrejo ( 77 siswa), SDN Kenalan, Pakis ( 86 siswa) serta SDN Gejagan, Pakis.( 119 siswa)

Sebetulnya guna  mendukung kegiatan belajar mengajar siswa, pihak sekoah telah mengupayakan pemasangan jaringan listrik, namun terkendala jarak dari  sekolah ke jaringan cukup jauh sehingga perlu pemasangan beberapa tiang penghubung” alhamdulilah sekarang di SDN Kalinegoro sudah terpasang 4 tiang penghubung jaringan “ tegasnya.

Ia berharap setelah jaringan listrik masuk sekolah dapat lebih meningkatkan kegiatan belajar mengajar, mengingat di era seperti sekarang ini kegiatan pembelajaran tidak hanya membutuhkan alat tulis dan buku saja, akan tetapi juga sudah berkembang menggunakan komputer, laptop bahkan LCD.

*****PR.DOK KENDRO HUMASPROTOKOL 1/2015.****
 
PAMERAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP TAHUN 2014 PDF Print E-mail
Written by Kantor Perpustakaan dan Arsip   
Monday, 03 November 2014 10:04
Dalam rangka Hari Pahlawan dan Hari Gerakan Baca Nasional. Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Magelang berencana menyelenggarakan Pameran Perpustakaan dan Arsip.


Berikut ini rincian tentang kegiatan dan waktu pelaksanaan :

Kegiatan Utama      :
Pameran Karya Pustaka dan Arsip

Kegiatan Pendamping :
- Pentas Tari/Kesenian Tradisional
- Parade Band Pelajar
- Lomba Mewarnai untuk Siswa setingkat TK/PAUD
- Lomba Melukis untuk Siswa setingkat SMP
- Lomba Vocal Group Lagu Perjuangan untuk Siswa setingkat SD
- Lomba Gerak dan Lagu Guru TK

Tema                :
“KACA DUNIA” (Membuka Cakrawala Dunia dengan Karya Pustaka dan Arsip)

Tempat                :
Gedung PDAM “Tirta Gemilang”
Jl. Soekarno-Hatta, Kota Mungkid, Kabupaten Magelang

Waktu               :
Hari           : Sabtu s/d Rabu
Tanggal        : 8 s/d 12 November 2014
Pukul          : 08.00 s/d 20.00 WIB

Peserta             :
- Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah
- Lembaga Kearsipan/Perpustakaan Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah
- Penerbit Buku
- Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga
- Satuan Kerja Pemerintah Daerah
- Jajaran Kementerian Agama
- Balai Konservasi Borobudur

Pengunjung          :
- Pegawai Negeri Sipil/Swasta/Perangkat Desa
- Masyarakat Umum
- Pelajar dan Mahasiswa



Last Updated on Tuesday, 04 November 2014 11:07
 
STRATEGI PEMBERDAYAAN MENJADI PILIHAN UTAMA. PDF Print E-mail
Written by Bag Humas dan Protokol   
Wednesday, 03 September 2014 09:34
Kota Mungkid, 2/9/2014. Dalam rangka mengentaskan kemiskinan serta mengangkat derajad kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Magelang maka pada konstruksi APBD Kabupaten Magelang, strategi pemberdayaan menjadi pilihan utama" kata Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP, dalam sambutan Gebyar Pos Pemberdayaan Keluarga ( POSDAYA)bertempat di Pendopo Lapangan Supardi Kota Mungkid.

Untuk itu beberapa sektor lebih diprioritaskan dibandingkan dengan yang lain, diantaranya adalah Sektor Pendidikan, Kesehatan, dan Kewirausahaan, yang semua itu ditujukan untuk meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat miskin.

Salah satu strategi penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Magelang, yang sudah disusun adalah pemberdayaan masyarakat melalui kerjasama dengan perguruan tinggi.

Posdaya sebagai salah upaya memberdayakan masyarakat, merupakan forum silaturahmi, komunikasi, advokasi dan wadah penguatan kegiatan penguatan fungsi-fungsi keluarga secara terpadu, yang bertujuan untuk menghidupkan kembali semangat kebersamaan dan kegotong-royongan dalam suatu wadah sehingga masyarakat dapat berpartisipasi dan saling membantu dalam mengatasi hambatan dan masalah yang dialami warganya, sehingga memudahkan keluarga berkembang secara mandiri.

Untuk itu, melihat  fungsi dan manfaat Posdaya yang sangat positif  bagi masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Magelang, maka sejak tahun 2009 melalui APBD Kabupaten Magelang telah dianggarkan pada kegiatan Sibermas untuk mendukung kegiatan Posdaya di Kabupaten Magelang.

"Kami bersyukur, karena langkah pengembangan Posdaya di Kabupaten Magelang telah berjalan dengan baik.  Melalui kerja sama dengan Yayasan Damandiri, Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat Universitas Diponegoro dan Universitas Muhammadiyah Magelang, hingga saat ini telah terbentuk 265 Posdaya" Tegas Bupati.

Prof.Dr.Sudarto Rektor Undip Semarang mengatakan bahwa kebesaran Perguruan Tinggi tidak dilihat dari gedung-gedung yang megah,laboratorium yang canggih atau dari mobil-mobil yang banyak parkir di kampus, akan tetapi kebesaran perguruan tinggi diukur dari kemampuanya memecahkan persoalan di masyarakat mendampingi masyarakat agar mandiri seperti yang dilakukan KKN mahasiswa Undip dan UMM saat ini.

Ekspo POSDAYA merupakan hasil pendampingan mahasiswa yang melakukan KKN di 5 Kecamatan di Kabupaten Magelang yang melibatkan 600 mahasiswa UNDIP.

Pada kesempatan tersebut hadir Ketua Yayasan Dana Mandiri (DAMANDIRI) Prof Dr.Haryono Suyono, Rektor Undip,Rektor UMM, juga dilakukan pembacaan Deklarasi Posdaya oleh Bupati Magelang.

 

******PR DOK KENDRO HUMASPROTOKOL 9/2014*******
 
KUALITAS PENDIDIKAN PERLU DITINGKATKAN. PDF Print E-mail
Written by Bag Administrasi Pembangunan   
Monday, 25 August 2014 07:36
Kota Mungkid 23 /8/2014.Berbagai permasalahan pendidikan di Kabupaten Magelang Masih memerlukan perhatian yang serius dari seluruh lapisan masyarakat, serta menjadi pekerjaan rumah yang harus dicarikan solusinya , baik mengenai kualitas, kompetensi, pencapaian prestasi akademik, sarana dan prasarana penunjang pendidikan maupun APK/APM yang masih perlu ditingkatkan, kata Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP dalam acara Halal Bihalal Keluarga Besar Dinas  Pendidikan yang bertempat di GOR  Gemilang Kab Magelang   (23/8),

Harus kita akui bersama bahwasanya tidak mudah untuk mewujudkan SDM yang berakhlak mulia ditengah gejolak zaman yang serba instan , pragmatis dan bahkan cenderung hedonis seperti saat ini." Untuk itu dibutuhkan pribadi-pribadi yang memiliki budi pekerti dan karakter yang baik serta mulia " tegas Bupati.

 Hikmah paling utama dari pelaksanaan halal bi halal adalah sebagai upaya kita untuk meluruskan benang yang kusut, menghangatkan hubungan yang beku sehingga cair kembali sehingga tidak ada lagi beban yang mengganggu serta menyelesaikan permasalahan yang menghambat terjalinnya keharmonisan hubungan, karena manusia dalam perjalannan hidupnya tidak terlepas dari salah dan dosa..

Untuk itu setelah Ramadan berakhir, diharapkan yang lahir kembali bukan hanya pribadi yang bertambah rajin ibadahnya, melainkan juga pribadi yang meningkat kes daran sosialnya.Terlebih saat ini Pemerintah tengah menekankan pentingnya menumbuhkan pendidikan berkarakter dalam seluruh jenjang pendidikan, baik pendidikan dasar, menengah maupun pendidikan tinggi.

Bupati berpesan kepada para pendidik Untuk dapat melakukan pendekatan batiniah maupun lahiriyah,kepada anak didik jangan sampai melakukan pendekatan dengan kekerasan, karenan kekeras maupun pendekatan emosional tidak boleh terjadi  di Kabupaten Magelang.

"Guru adalah panutan, harus bisa memberi contoh suri tauladan yang baik terhadap anak didik jangan sampai sebagai tenaga pendidik justru melakukan tindakan yang bertentangan dengan norma atau kesusilaan yang selama ini laporanya sering kami terima " jelas bupati

Sementara itu  Plt Disdikpora Kab Magelang Drs Eko Triyono menyampaikan  bahwa rekapitulasi data hasil capaian Standar pelayanan Minimal (SPM) pendidikan dasar Tingkat kabupaten Magelang masih belum memuaskan, Hal ini terbukti dengan data bahwa untuk pencapaian pelayanan Pendidikan dasar pada tngkat Kabupaten dari 14 indikator pencapaian, yang mencapai 100% baru 2 indikator atau secara umum baru tercapai SPM sebesar 46% sedangkan untuk pencapaian pelayanan Pendidikan Dasar pada tingkat Satuan Pendidikan dari 13 indikator pencapaian belum ada yang mencapai 100% atau secara umum baru mencapai SPM sebesar 55,97%, untuk itu perlu kerja keras untuk peningkatan SPM tersebut.

Turut hadir pada acara halal bihalal Bp Prof Dr H Sahiron Syamsudin MA  Guru besar UIN Sunan kalijaga Yogyakarta, yang bertindak sebagai pembicara menyampaikan  hikmah budaya halal bi halal.

Acara yang diikuti oleh para kepala sekolah SD,SMP,SMA.SMK, dan PAUD se Kabupaten Magelang  berlangsung meriah yang diawali oleh  penampilan pentas seni tari oleh beberapa siswa  yang telah berprestasi baik ditingkat daerah dan Nasional.

 

 

*****pr.dok kendro humasprotokol 8/2014*****
 
<< Awal < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 Selanjutnya > Akhir >>

Page 1 of 8