STRATEGI PEMBERDAYAAN MENJADI PILIHAN UTAMA. PDF Print E-mail
Written by Bag Humas dan Protokol   
Wednesday, 03 September 2014 09:34
Kota Mungkid, 2/9/2014. Dalam rangka mengentaskan kemiskinan serta mengangkat derajad kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Magelang maka pada konstruksi APBD Kabupaten Magelang, strategi pemberdayaan menjadi pilihan utama" kata Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP, dalam sambutan Gebyar Pos Pemberdayaan Keluarga ( POSDAYA)bertempat di Pendopo Lapangan Supardi Kota Mungkid.

Untuk itu beberapa sektor lebih diprioritaskan dibandingkan dengan yang lain, diantaranya adalah Sektor Pendidikan, Kesehatan, dan Kewirausahaan, yang semua itu ditujukan untuk meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat miskin.

Salah satu strategi penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Magelang, yang sudah disusun adalah pemberdayaan masyarakat melalui kerjasama dengan perguruan tinggi.

Posdaya sebagai salah upaya memberdayakan masyarakat, merupakan forum silaturahmi, komunikasi, advokasi dan wadah penguatan kegiatan penguatan fungsi-fungsi keluarga secara terpadu, yang bertujuan untuk menghidupkan kembali semangat kebersamaan dan kegotong-royongan dalam suatu wadah sehingga masyarakat dapat berpartisipasi dan saling membantu dalam mengatasi hambatan dan masalah yang dialami warganya, sehingga memudahkan keluarga berkembang secara mandiri.

Untuk itu, melihat  fungsi dan manfaat Posdaya yang sangat positif  bagi masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Magelang, maka sejak tahun 2009 melalui APBD Kabupaten Magelang telah dianggarkan pada kegiatan Sibermas untuk mendukung kegiatan Posdaya di Kabupaten Magelang.

"Kami bersyukur, karena langkah pengembangan Posdaya di Kabupaten Magelang telah berjalan dengan baik.  Melalui kerja sama dengan Yayasan Damandiri, Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat Universitas Diponegoro dan Universitas Muhammadiyah Magelang, hingga saat ini telah terbentuk 265 Posdaya" Tegas Bupati.

Prof.Dr.Sudarto Rektor Undip Semarang mengatakan bahwa kebesaran Perguruan Tinggi tidak dilihat dari gedung-gedung yang megah,laboratorium yang canggih atau dari mobil-mobil yang banyak parkir di kampus, akan tetapi kebesaran perguruan tinggi diukur dari kemampuanya memecahkan persoalan di masyarakat mendampingi masyarakat agar mandiri seperti yang dilakukan KKN mahasiswa Undip dan UMM saat ini.

Ekspo POSDAYA merupakan hasil pendampingan mahasiswa yang melakukan KKN di 5 Kecamatan di Kabupaten Magelang yang melibatkan 600 mahasiswa UNDIP.

Pada kesempatan tersebut hadir Ketua Yayasan Dana Mandiri (DAMANDIRI) Prof Dr.Haryono Suyono, Rektor Undip,Rektor UMM, juga dilakukan pembacaan Deklarasi Posdaya oleh Bupati Magelang.

 

******PR DOK KENDRO HUMASPROTOKOL 9/2014*******
 
KUALITAS PENDIDIKAN PERLU DITINGKATKAN. PDF Print E-mail
Written by Bag Administrasi Pembangunan   
Monday, 25 August 2014 07:36
Kota Mungkid 23 /8/2014.Berbagai permasalahan pendidikan di Kabupaten Magelang Masih memerlukan perhatian yang serius dari seluruh lapisan masyarakat, serta menjadi pekerjaan rumah yang harus dicarikan solusinya , baik mengenai kualitas, kompetensi, pencapaian prestasi akademik, sarana dan prasarana penunjang pendidikan maupun APK/APM yang masih perlu ditingkatkan, kata Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP dalam acara Halal Bihalal Keluarga Besar Dinas  Pendidikan yang bertempat di GOR  Gemilang Kab Magelang   (23/8),

Harus kita akui bersama bahwasanya tidak mudah untuk mewujudkan SDM yang berakhlak mulia ditengah gejolak zaman yang serba instan , pragmatis dan bahkan cenderung hedonis seperti saat ini." Untuk itu dibutuhkan pribadi-pribadi yang memiliki budi pekerti dan karakter yang baik serta mulia " tegas Bupati.

 Hikmah paling utama dari pelaksanaan halal bi halal adalah sebagai upaya kita untuk meluruskan benang yang kusut, menghangatkan hubungan yang beku sehingga cair kembali sehingga tidak ada lagi beban yang mengganggu serta menyelesaikan permasalahan yang menghambat terjalinnya keharmonisan hubungan, karena manusia dalam perjalannan hidupnya tidak terlepas dari salah dan dosa..

Untuk itu setelah Ramadan berakhir, diharapkan yang lahir kembali bukan hanya pribadi yang bertambah rajin ibadahnya, melainkan juga pribadi yang meningkat kes daran sosialnya.Terlebih saat ini Pemerintah tengah menekankan pentingnya menumbuhkan pendidikan berkarakter dalam seluruh jenjang pendidikan, baik pendidikan dasar, menengah maupun pendidikan tinggi.

Bupati berpesan kepada para pendidik Untuk dapat melakukan pendekatan batiniah maupun lahiriyah,kepada anak didik jangan sampai melakukan pendekatan dengan kekerasan, karenan kekeras maupun pendekatan emosional tidak boleh terjadi  di Kabupaten Magelang.

"Guru adalah panutan, harus bisa memberi contoh suri tauladan yang baik terhadap anak didik jangan sampai sebagai tenaga pendidik justru melakukan tindakan yang bertentangan dengan norma atau kesusilaan yang selama ini laporanya sering kami terima " jelas bupati

Sementara itu  Plt Disdikpora Kab Magelang Drs Eko Triyono menyampaikan  bahwa rekapitulasi data hasil capaian Standar pelayanan Minimal (SPM) pendidikan dasar Tingkat kabupaten Magelang masih belum memuaskan, Hal ini terbukti dengan data bahwa untuk pencapaian pelayanan Pendidikan dasar pada tngkat Kabupaten dari 14 indikator pencapaian, yang mencapai 100% baru 2 indikator atau secara umum baru tercapai SPM sebesar 46% sedangkan untuk pencapaian pelayanan Pendidikan Dasar pada tingkat Satuan Pendidikan dari 13 indikator pencapaian belum ada yang mencapai 100% atau secara umum baru mencapai SPM sebesar 55,97%, untuk itu perlu kerja keras untuk peningkatan SPM tersebut.

Turut hadir pada acara halal bihalal Bp Prof Dr H Sahiron Syamsudin MA  Guru besar UIN Sunan kalijaga Yogyakarta, yang bertindak sebagai pembicara menyampaikan  hikmah budaya halal bi halal.

Acara yang diikuti oleh para kepala sekolah SD,SMP,SMA.SMK, dan PAUD se Kabupaten Magelang  berlangsung meriah yang diawali oleh  penampilan pentas seni tari oleh beberapa siswa  yang telah berprestasi baik ditingkat daerah dan Nasional.

 

 

*****pr.dok kendro humasprotokol 8/2014*****
 
ANAK ADALAH ASET MASA DEPAN. PDF Print E-mail
Written by Bag Humas dan Protokol   
Thursday, 26 June 2014 07:51
Kota Mungkid, 21/6/2014. Menyiapkan generasi muda yang berkualitas menjadi kewjiban kita, karena anak merupakan aset bagi masa depan Bangsa.kata Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP dalam sambutan peringatan Hari Keluarga ke 21 dan Hari Anak Nasional (HAN) bertempat di Pendopo Kabupaten Magelang. Anak perlu dilindungi dan hak haknya perlu dipenui serta diberikan bekal keimanan, kepribadian , kecerdasan, ketrampilan, jiwa dan semangat kebangsaan serta kesegaran jasmani agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang berbudi luhur, bersusila, cerdas dan bertakwa.

“ kita patut prihatin, kenyataan menunjukkan masih banyak anak-anak yang hidup dengan menyandang berbagai permasalahan sosial yang tidak layak untuk mereka tanggung seperti kasus pelecehan seksual anak yang marak akhir-akhir ini“ katanya.

Sejahteraan dan perlindungan anak. Di Kabupaten Magelang jumlah kasus kekerasan terhadap anak selama kurun waktu tahun 2013, terdapat 45 kasus yaitu 16 kasus kekerasan seksual, 1 kasus kekerasan fisik, 14 kasus persetubuhan anak, 8 kasus membawa lari anak, 7 kasus pencabulan dan 3 kasus penganiayaan.

Dalam rangka menciptakan generasi yang berkualitas, perlu adanya upaya upaya untuk meningkatkan peran dan fungsi masing masing anggota keluarga terutama orang tua dalam menciptakan suasana komunikasi dan interaksi yang harmonis didalam pengasuhan anak dan kehidupan berkeluarga sehari hari.

Momentum hari keluarga ini membawa pesan agar seluruh komponen bangsa meningkatkan kepedulian dan partisipasinya dalam menjamin kualitas hidup generasi penerus.

Ny. Tanti Zaenal Arifin selaku penyelenggara  mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan guna meningkatkan kualitas keluarga melalui pelaksanaan fungsi fungsi keluarga sebagai dasar membentuk keluarga kecil bahagia sejahtera, serta penyadaran tentang kuajiban Negara, pemerintah, dunia usaha, masyarakat, keluarga dan orang tua dalam pelaksanaan kesejahrteraan dan perlindungan anak.

Pada kesempatan tersebut Bupati Magelang menyerahkan Tropy, Piagam serta uang pembinaan kepada juara lomba :
  
  • BKB  “PUSPORINI “ Ds.Ngablak Kec Ngablak sebagai juara Bina Keluarga Balita Kabupaten Magelang.
  • BKR “ CERIA” Ds.Deyangan Kec. Mertoyudan sebagai juara Bina Keluarga Remaja.
  • BKL “MELATI KENCANA” Ds.Mertoyudan Kec Mertoyudan sebagai juara Bina Keluarga Lansia.
  • UPPKS “ MELATI” Ds.Ketep Kec Sawangan juara UPPKS Kab.Magelang.
  • Khudhori Ds.Polengan,Srumbung sebagai juara PPKBD.Kab. Magelang
  • Ristina DsPolengan, Srumbung sebagai juara PPKBD.Kab.Magelang.
  • Parwadi, S.AB Balai Pelayanan KB dan KS Kec Salam sebagai juara PLKB Kabupaten Magelang.
  • POSYANDU “ ANANDA” Nglumut 2 Srumbung sebagai juara lomba POSYANDU 2014.



 

******pr.dok kendro humasprotokol 6/2014 ******
 
TINGKAT KELULUSAN DI KABUPATEN MAGELANG SANGAT BAIK PDF Print E-mail
Written by Bag.Humas dan Protokol   
Thursday, 19 June 2014 07:47
Kota Mungkid.17/6/2014. Tingkat kelulusan jenjang pendidikan SMP/MTS tahun 2014 Kabupaten Magelang sangat baik yaitu mencapai 100% , untuk SMP Terbuka 99,18 % ,jenjang SMA/SMK tingkat kelulusan 100% dan MA 99,82 % “ semoga capaian ini dapat dipertahankan dan selalu ditingkatkan di masa yang akan datang “ harap Bupati Magelang dalam sambutanya yang dibacakan oleh Drs.Eko Triyono Asisten Pemerintahan pada pembukaan Rapat Kerja Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah raga Kabupaten Magelang tahun 2014 bertempat di Hotel Citra Dewi Bandungan Ambarawa.
Last Updated on Thursday, 19 June 2014 08:31
Selengkapnya...
 
DIPILIH PELAJAR PELOPOR KESELAMATAN LALU LINTAS PDF Print E-mail
Written by Bag.Humas dan Protokol   
Thursday, 12 June 2014 09:29
Kota Mungkid, 11/6/2014. Dalam rangka meningkatkan kesadaran pelajar dalam mematuhi peraturan lalu lintas, Dinas Perhubungan Kabupaten Magelang mengadakan pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan jalan  yang diikuti oleh 25 pelajar SMA/SMK di wilayah Kabupaten Magelang bertempat di SMA Kota Mungkid.
Selengkapnya...
 
<< Awal < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 Selanjutnya > Akhir >>

Page 1 of 8