Pembinaan UKS Kecamatan Borobudur PDF Print E-mail
Written by Operator Kecamatan Borobudur   
Monday, 04 January 2010 12:31
PEMBINAAN PEMERINTAH KECAMATAN BOROBUDUR
DALAM PROGRAM USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS)


     Usaha Kesehatan Sekolah adalah upaya terpadu lintas program dan lintas sektoral dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan serta membentuk perilaku hidup sehat anak usia sekolah yang berada di sekolah dan perguruan agama.

     SK Bersama Menteri Tahun 1984 yaitu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri menyatakan bahwa Camat merupakan Ketua Tim Pembina UKS diTingkat Kecamatan.

     Mendasarkan pada hal-hal tersebut diatas, maka Pemerintah Kecamatan Borobudur pada Akhir Desember 2009 memberikan pembinaan UKS bertempat di UPT Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kecamatan Borobudur dengan tujuan untuk:

1.      Meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan anak didik serta menciptakan lingkungan yang sehat, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dan optimal dalam rangka pembentukan manusia Indonesia seutuhnya,

2.      Memberikan pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk melaksanakan hidup sehat dan berperan aktif dalam peningkatan kesehatan di sekolah, rumah, dan lingkungan masyarakat,

3.      Menumbuhkan daya hayat dan daya tangkal terhadap pengaruh buruk narkoba.

     Adapun ruang lingkup kegiatan UKS yaitu Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan dan Pembinaan Lingkungan Kehidupan Sekolah Sehat. Pendidikan Kesehatan dilaksanakan melalui kegiatan intra kurikuler dan ekstra kurikuler.  Pelayanan bersifat komprehensif  / terpadu dan menyeluruh. Pembinaan lingkungan kehidupan sekolah sehat dilaksanaklan dengan tujuan agar sekolah menjadi sarana pendidikan yang dapat menjamin berlangsungnya proses belajar mengajar yang meliputi pembinaan lingkungan fisik dan lingkungan mental-sosial.
Share
Update terakhir  Dibaca: 4383 kali.