BANK BAPAS 69 BUKA KANTOR KAS DI KOTA MUNGKID PDF Print E-mail
Written by Bag.Humas dan Protokol   
Saturday, 27 April 2013 07:32
KOTA MUNGKID 19/4/2013. Bupati Magelang Ir.Singgih Sanyoto secara resmi meresmikan beroperasinya Kantor Kas Bank Bapas 69 di Sawitan Kota Mungkid Kabupaten Magelang, yang ditandai dengan penandatanganan Prasasti serta pengguntingan pita serta dilanjutkan meninjau ruangan kantor kas.


Para pegawai Pemkab Magelang mulai hari ini mendapatkan pelayanan yang lebih baik dari Bank Bapas 69, karena telah dibuka Kantor Kas Sawitan di depan kantor pemerintah Kabupaten Magelang.
“Lebih dari 12.000 PNS di Pemkab Magelang adalah penduduk tidak tetap Kota Mungkid. Sementara Kota Mungkid meliputi Desa Deyangan, Kelurahan Mendut dan Sawitan,” kata Bupati Magelang Ir H Singgih Sanyoto, kemarin.

Usai meresmikan Kantor Kas ke 21 Bank Bapas 69, ia menyebut PNS dan warga Kota Mungkid tadi merupakan potensi besar, yang dapat disinergikan untuk menggerakkan roda perekonomian dan meningkatkan jumlah peredaran uang.

Apa lagi Bank Bapas 69 merupakan bank lokal yang seluruh sahamnya dimiliki oleh Pemkab Magelang. Sehingga diharapkan dapat bersimbiosis secara optimal dengan seluruh SKPD dan masyarakat Kabupaten Magelang.

Simbiosis yang baik antara bank lokal dengan masyarakat, akan meningkatkan optimalisasi pemanfaatan potensi lokal dan pemberdayaan masyarakat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Lembaga Keuangan hanya dapat tumbuh dan berkembang, serta memberikan manfaat yang optimal jika ada kepercayaan dari masyarakat. Karena itu diharapkan, manajemen dan karyawan Bank Bapas 69 dapat selalu meningkatkan kinerjanya, ramah dalam memberikan pelayanan, kreatif dan inovatif dalam menawarkan program, serta berwawasan jauh ke depan dalam menangkap setiap peluang yang ada.

Deputi Pimpinan Bank Indonesia Jawa Tengah Bidang Moneter, Sukro Tratmono, menilai, Bank Bapas 69 merupakan Bank milik pemerintah Daerah yang terbesar di provinsi ini. BI akan mendorong persaingan yang sehat antarbank, sehingga pelayanan masyarakat kian baik.

Dirut Bank Bapas 69 H Fran Suharmaji SE MM, mengemukakan, tahun lalu laba BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) itu Rp 17,52 miliar. Sedangkan 2011 Rp 14,92 miliar. Jadi, terjadi peningkatan laba sebelum pajak 17,4 persen.

“Sehingga tahun  ini, kami dapat memberikan kontribusi yang optimal, bagi suksesnya pembangunan di Kabupaten Magelang, melalui setoran Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rp 6,5 miliar. Tahun lalu setoran kami Rp 5,23 miliar,” tuturnya.

Jumlah setoran PAD tersebut, merupakan yang paling besar dibandingkan dengan BPR (Bank Perkreditan Rakyat) milik Pemerintah Kabupaten/Kota yang lain di seluruh Indonesia. Sementara sebagai bukti perhatian yang begitu besar dari Pemkab Magelang selaku pemilik, jumlah modal disetor kumulatif, sejak berdiri 1969 hingga posisi 28 Pebruari 2013 mencapai Rp 18,65 miliar.
Share
Update terakhir  Dibaca: 6041 kali.